Anoa Records Memoles Harta Karun Milik Suasanasabtupagi

INSOMNIAEnt.id – Suasanasabtupagi sukses merangkum EP Mammals menjadi barang yang lebih bersinar. Pasalnya beberapa tahun lalu, EP tersebut hanyalah sebuah album biasa yang dirilis tanpa label, tanpa promo, dan hanya sekitaran lingkaran pertemanan mereka yang tidak juga besar-besar amat.

Adalah Anoa Records yang memoles kembali EP ini yang sekarang lebih “bernilai”. Terdiri dari enam lagu, EP ini menampilkan bagaimana cara Suasanasabtupagi bisa meleburkan ide-ide berbeda yang alhasil tidak buruk malah colorful. Sebut saja track lagu Pornographer, Go Fishing dan Gotta Go Sailing, menjadi lagu yang menarik di EP ini.

Project itu bermula seorang personel Suasanasabtupagi memamerkan lagu Gotta Go Sailing disebuah grup WhatsApp. Anoa Records yang kebetulan tergabung dalam grup daring tersebut, kepincut dengan single utama dari EP Mammals yang dirilis tahun 2016 itu.

Tak berpikir lama, Anoa Records kemudian tertarik untuk merilis ulang EP tersebut agar bias didengar lebih luas dan lebih baik dalam format digital.

 

Terbentuk pada tahun 2008, Suasanasabtupagi merupakan band yang unitk. Awalnya mereka sekadar weekend music project, atau istilahnya band kolektif. Personilnya sedikitnya 5 orang, dan terkadang bisa sampai 16 orang. Itupun juga tergantung kondisi di lapangan.

Disetiap kesempatan band ini bisa begitu cair mengikuti line up yang selalu berbeda sesuai karakter lagu, khususnya jika berada di atas panggung.

“Jika ada personil yang nggak bisa manggung kayak misal Iqbal (gitaris, songwriter dan music engineer dari band ini) di Bintan, band ini selalu ada anggota yang bisa jadi cadangannya,” kata Toro yang menjadi basis di Suasanasabtupagi.

EP Mammals adalah album EP indierock yang mengingatkan pada band-band di medio 2000-an, seperti Broken Social Scene atau Feist. Dikerjakan selama dua bulan, dan direkam secara “kolektif” pula, di rumah para personil masing-masing. (Fch)

Follow Us

Latest News