Doni “A.S.S” Serius Tekuni “Project Solo”- Nya

INSOMNIAEnt.id – Gitaris band Punk Rock asal Cilegon, A.S.S, Doni Syachputra dalam beberapa tahun belakangan nampak serius menekuni project solo pribadinya. Bukan membentuk band lain di luar A.S.S, pria yang akrab disapa Mas Don ini memilih cara lain untuk mengembangkan potensinya sebagai musisi.

StreetHome adalah nama yang dipilih Mas Don untuk membuktikan eksistensinya dalam industri musik. StreetHome adalah label rekaman yang didirikan Mas Don sejak tahun 2010 silam.

Bermula hanya coba-coba memproduksi karya A.S.S, ternyata Doni tersadar untuk mengelola StreetHome lebih serius. Apalagi ia melihat banyak rekan-rekan musisi yang membutuhkan sarana recording.

“Mulai produksi kurang lebih 2010 awal, dan pertama kali band gw sendiri A.S.S yang pertama gw kerjain,” ujarnya sambil terkekeh.

“Motivasi buat home recording awalnya buat sendiri karena gw ngeband juga (hehe), dan akhirnya ada kepikiran untuk dikembangin lagi buat teman yang mau rekaman di tempat gw,” tuturnya lagi.

Mas Don ngaku ‘ngga begitu memikirkan nama home recordingnya saat itu. Tetapi karena saat pertama kali menggagas belum ada tempat yang tetap, maka nama StreetHome lah yang tercetus dalam pikirannya.

“Pakai nama StreetHome karena awalnya tempat gw suka pindah-pindah. Maklum belum punya tempat pribadi, dan akhirnya ada teman nawarin untuk kasih tempat secara cuma-cuma untuk kembangin home recording ini,” ucapnya.

Tidak ada pencapaian tanpa perjuangan. Hal itu pun yang dirasakan Mas Don. Saat awal merintis StreetHome tentu banyak kendala yang dialami. Namun seiring berjalannya waktu serta dukungan yang besar dari rekan-rekan musisi, maka StreetHome Show Must Go On!.

Terbukti kini sejumlah musisi melirik StreetHome dan tangan dingin Mas Don untuk memoles hasil karya mereka, salah satu diantaranya adalah kwartet Punk, Valiant Kullo yang mempercayakan StreetHome sebagai “rumah” untuk mengerjakan album perdana mereka, Reasonansi.

“Kendalanya lumayan. Beberapa kendala salah satunya saat pertama kali gw mulai, peredam vokal yang belum memadai dan sampai sekarang bisa terealisasi yang cukup untuk peredam ruang vokal,” katanya bersyukur.

Mas Don kini mulai enjoy menjalankan StreetHome. Selain bisa membantu mengembangkan potensi musik scene lokal, lewat StreetHome pula dia juga bisa berbagai pengalaman lebih banyak dengan band-band yang recording.

“Antusias band-band yang ingin merekam karyanya pada era saat ini cukup baik. Karena sudah banyak yang buat home recording di lingkungan terdekat bandnya. Mungkin kalau diera pertama kali gw rekaman agak sulit untuk cari studionya yang dimana gw dan teman-teman band harus rekaman keluar kota dengan biaya yang lumayan besar,” kenang Mas Don.

Nah buat kalian yang mau mulai proses recording pertama atau yang kesekian kalinya, Mas Don punya tips walaupun dia lebih senang disebut sebagai pesan membangun.

“Persiapan harus lebih matang aja sih buat teman teman yang mau recording. Sebelum recording baiknya di latih dengan baik dulu,” pesan pengagum musik NOFX ini.

Untuk Kalian Yang Ingin Merekam Karya – Karya Kalian Bisa Langsung Cek Instagram Street Home .

 

 

Follow Us

Latest News