Kompilasi Soundtrack Peringati Hari Ayah Nasional

INSOMNIAEnt.id – Kesampingkan dulu lagu Ayah milik Rinto Harahap atau Titip Rindu Buat Ayah yang dilantunkan penyanyi melodis Ebiet G. Ade.

Di Hari Ayah Nasional Ke-14 ini, kami coba menyodorkan sejumlah tembang lain yang bisa menjadi soundtrack dalam mengenang kehadiran ayah.

Setidaknya nada-nada ini bisa menjadi penyetara euforia Hari Ibu yang selama ini seakan lebih diglorifikasikan. Padahal peran ayah juga sangat besar dalam keluarga.

Forever My Father – Go! Radio

Dirilis tahun 2011 melalui label Fearless Records, Daniel Lancaster dkk menyelipkan satu lagu paling emosional, Forever My Father. Selama 4 menit, kita akan diceritakan bagaimana seorang anak membanggakan ayahnya yang selalu menjadi “kekuatan” saat dia lemah. “When I’m down and I’m forgotten. You’ll forever be my father

Merindukanmu (Ayah) – Glory of Love

Judul dari kuartet asal Bandung ini sudah menggambarkan pilunya menanggung rindu. Masuk lebih dalam, kalian akan mendapati getirnya perasaan seorang anak yang merindukan sosok ayah yang tak sempat dikenalinya lebih jauh hingga akhirnya mereka harus berpisah.

Untuk Ayah Ibuku – The Rain

Jika kalian terbiasa dengan lagu-lagu sendu tentang ayah seperti dari Seventeen atau ADA Band, kami rekomendasikan agar menggeser referensi kalian ke lagu ini. Track nomor 7 di album Jabat Erat ini, kami nilai tak kalah syahdu dengan anthem tentang ayah yang selama ini sudah beredar di Indonesia. Dan bukankah selama ini selalu terbukti bahwa komposisi karya The Rain kerap bikin kita tiba-tiba cengeng?

The Saddest Song – The Ataris

Medio 2003-2008, lagu ini seolah menjadi lagu wajib yang harus termaktub dalam perangkat mp3 dan handphone yang masih menanamkan infrared dan bluetooth sebagai salah satu fitur tercanggihnya. Balada ini memang bikin “suggest” bagi ABG yang punya hubungan tak baik dengan ayahnya. Saking populernya lagu ini, bahkan sempat nangkring diposisi 27 pada tangga lagu Billboard tahun 2003. Dalem!

Daddy – Coldplay

Kemampuan Chris Martin menyusun lagu tidak perlu diragukan. Daddy adalah contoh kecil dari kejeniusan band asal negeri Ratu Elizabeth itu. Dirilis bersama dengan album Everyday Life tahun 2019, Daddy jadi warna pembeda di album tersebut, sekaligus paling melankolis yang merepresentasikan bagaimana rasa kehilangan dan kerinduan pada seorang ayah.

Confessions Of A Broken Heart (Daughter To Father) – Lindsay Lohan

Meski dikenal sebagai teen idol, ternyata Lindsay Lohan memiliki segudang persoalan setelah julukan itu melekat padanya. Dan salah satu masalah hidupnya, dituangkan dalam lagu ini yang mengisahkan respons emosional menyikapi kerenggangan anak dengan ayah pasca-orangtuanya terlibat kasus hukum

Fatherhood – Endank Soekamti

Tak sekadar musikalitas, kualitas lirik trio Yogya ini juga berkelas. Pemilihan diksi-diksi berima namun sederhana, membuat lagu-lagu Endank Soekamti mudah dicerna. Simak saja di lagu yang masuk album Soekamti Day (2016) ini. Jika sebelumnya banyak mengisahkan anak kepada ayah, namun di sini Erix cs memutarnya. Curahan hati, harapan, dan mimpi ayah melihat anaknya bahagia dikumandangkan mereka dengan tulus

Song For Our Father – Eksplosions In The Sky

Untuk lagu ini, kami “nyerah” kalau ditanya maknanya. Soalnya nih lagu enggak punya lirik. Karena hampir 6 menit, kalian cuma bisa menikmati musik eksperimental dari unit post rock asal Texas, Amerika Serikat ini. Kami memasukkannya sebagai track yang wajib didengar pada peringatan Hari Ayah, hanya karena judulnya yang populis.

Seorang Ayah Rela Disodomi Waria Demi Membeli Susu Anak – Jason Ranti

Perjuangan akan perihnya seorang ayah untuk membahagiakan buah hatinya, tersirat dijudul lagu Jeje (panggilan akrab Jason Ranti). Meski terkesan absurd, tapi yakin lah kalian akan dibuat terhibur dengan lirik-lirik nakal nan nyentil yang dilisankannya. Metafora yang dimainkan Jeje, rasanya related dengan kondisi yang terjadi saat ini. (Fch)

Follow Us

Latest News