Majalah Musik Indonesia Pada Masanya

Mungkin kalian yang lahir tahun 2000an belum tahu kalo Indonesia punya beragam majalah musik.

Ya, bersyukur jika paling tidak kalian kenal Rolling Stone sebagai satu-satunya (yang terakhir) majalah musik yang mengulas band dan album Indonesia.

Beberapa generasi era 90an yang dibesarkan oleh MTV mungkin pernah membaca MTV trax, majalah yang bekerjasama dengan MTV yang isinya tentang musik, band dan konser serta album yang lagi hype saat itu.

Atau ada juga yang pernah baca majalah HAI yang di dalamnya juga mengulas banyak band-band 90s yang sekarang jadi klasik.

Nah, khusus di hari Aksara ini, PHI sedikit mengilas balik tentang 5 majalah musik yang pernah ada dalam sejarah musik Indonesia. Mari kita simak bersama.

1. Aktuil

Majalah Aktuil / dok. Irama Nusantara

Kalo ada museum musik Indonesia yang di dalamnya ada diorama khusus majalah musik, mungkin Aktuil sudah layak ditempatkan terhormat di sana. Di peta perjalanan musik, terlebih musik rock Indonesia, Aktuil termasuk satu dari majalah rock tertua di Indonesia. Kalo kalian baca Aktuil hari ini, kita kayak diajak ke museum, ngeliat dokumentasi dari banyak konser dan band-band keren di masa lalu. Yang penasaran band rock seperti God Bless itu asalnya dari mana, semua ada di sini.

2. Trolley

Majalah Trolley asal Bandung / dok. istimewa.

Generasi 90-an harus berterimakasih kepada Trolley. Lahir di Bandung, meski bukan dibilang 100 persen majalah musik, mengingat ada konten art dan filmnya juga, namun dari sinilah orang bisa banyak tahu band-band dengan nama-nama aneh seperti Cocteau Twins atau genre kaya Kraut Rock yang tak pernah didenger sebelumnya. Mungkin lebih tepat sebagai buku diktat sih kalo ada mata pelajaran musik populer di Kampus Seni.

3. Ripple

Majalah Ripple edisi kecil, ada bonus kasetnya / dok. istimewa.

Bentuk kecil, isinya padat dan tepat guna. Pas buat temen bacaan di kampus waktu jeda nunggu jam masuk. Dari sini banyak juga anak muda yang saat itu tercerahkan dengan aktivitas: bikin band itu atau jadi wartawan musik itu sama-sama keren. Ripple juga hadir dengan bonus kaset isinya demo/single dari band-band independen dari yang obscure sampe yang kita kenal sekarang.

4. NewsMusik

Majalah NewsMusik asal Jakarta / dok. istimewa.

Di kala HAI berjaya sebagai majalah anak muda dengan porsi yang banyak, nah ada majalah musik yang terbit di akhir 90-an bernama NewsMusik, isinya kurang lebih sama kaya HAI cuma beritanya lebih deep aja.

5. Tabloid Mumu

Tabloid Mumu / dok. istimewa.

Kalo kalian belum tahu istilah tabloid, itu adalah media kaya koran tapi beritanya lebih ringan. Nah, era akhir 90-an sampe awal 200an, muncul tabloid musik pertama (dan mungkin satu-satunya) di Indonesia bernama Mumu, singkatan Muda Musika. Isinya semua sari informasi tentang musik Indonesia. Dari review album, profil band, konser, dll.

Follow Us

Latest News