Texpack X Skandal Rilis Kaset Split Album Sloppy Odd Stereo Via Langen Srawa Records

INSOMNIAEnt.id – Budaya merilis karya kolaborasi dalam bentuk split album di zaman saat ini cukup sulit ditemui. Apalagi jika dikemas dalam bentuk kaset.

Namun kini treatment musisi memperkenalkan karyanya yang pernah hype diera akhir tahun 90an dan awal 2000-an diperkenalkan lagi oleh sebuah records label asal Tangerang, Langen Srawa.

Mereka bahkan memadukan dua band yang berasal dari dua daerah dengan kultur musik yang berbeda. Mereka adalah Skandal, band independen asal Yogyakarta yang beraliran alternative pop, indie rock, dan pop rock. Skandal sepakat untuk berkolaborasi dengan Texpack, band indie rock asal Bogor.

Menurut kedua band, tidak ada pemaknaan khusus tentang pemilihan judul album. Meski demikian, Yogha Prasiddhamukti (vokalis, tamborin) dari Skandal menceritakan kaitannya dengan selera band. Menurutnya, Skandal dan Texpack memang menyukai dan menjadikan musik indie rock yang slebor (sloppy) sebagai salah satu pengaruh bermusik. Alhasil, nama itu dipilih.

“Dari Skandal, ide untuk merilis split bersama band lain yang kami gemari sebenarnya sudah terbersit sejak lama. Namun, hal itu baru bisa terealisasi ketika diajak oleh Langen Srawa Records. Ditambah lagi, ini proyek kolaborasi dengan Texpack pula. Jadi, tanpa banyak pertimbangan, langsung saja kami sambut dengan tangan terbuka,” ujar Yogha Prasiddhamukti yang akrab dipanggil Siddha.

Beberapa waktu yang lalu, Skandal juga telah merilis single anyar, “Racau”. Berdekatan dengan perilisan split album, kini lagu itu tidak hanya dirilis sebagai single, tetapi juga sebagai salah satu bagian dari split album dengan grup musik lain, terutama band yang punya influence sama dalam bermusik.

Texpack pun menganggap bahwa perilisan split album menjadi momen penting. Tahun ini, band akan melahirkan 2 rilisan, yaitu split album dan full album. “Senang banget, akhirnya bisa merilis album lagi setelah rilisan album terakhir tiga tahun lalu, yaitu EP Courageous (2016),” kata Dimas Oriza (vokal/bass) dari Texpack.

Dalam proses produksi album, masing-masing band menyiapkan dua materi lagu yang akan dimuat dalam split album ini. Skandal memiliki satu lagu baru dan satu lagu lama dari EP pertama, sedangkan Texpack memakai dua materi yang belum pernah dirilis sama sekali.

Dimas Oriza menambahkan, Texpack mempersiapkan semuanya di Bogor dengan persiapan rekaman kira-kira berlangsung dari akhir tahun 2018 dan selesai pada pertengahan 2019.

Kehadiran Sloppy Odd Stereo diharapkan dapat direspons baik oleh para penikmat musik. “Paling tidak, semakin banyak orang yang bisa mendengarkan musik kami. Ini bisa juga menjadi pintu buat banyak kesempatan nantinya untuk membuat split album dengan band lainnya. Semoga siapapun yang membeli dan mendengarkan is going to have some fun,” kata Siddha.

Album Sloppy Odd Stereo akan dirilis oleh label independen asal Tangerang, Langen Srawa Records pada 13 September 2019. Dicetak dalam jumlah terbatas, rilisan ini akan dibanderol dengan harga Rp50.000.

Sebagai informasi, Langen Srawa Records juga telah merilis beberapa karya pada 2019, yaitu kaset single Sejuknya Mobil Bapakmu (The Rang-Rangs), 16 to 18 (High Therapy), I Am Ij Sin A (Humi Dumi), “Racau” (single yang dirilis secara digital, milik band Skandal), dan First Chapter of Allordia (Holy City Rollers). Daftar rilisan lainnya dapat dilihat di akun resmi Instagram @langensrawarecords.

Selain merilis album baru, Skandal dan Texpack juga akan mengadakan Sloppy Odd Stereo Tour 2019 di sejumlah daerah, yaitu Salatiga, Yogyakarta, Magelang, Bogor, Bekasi, dan Jakarta. Tur ini diadakan selama periode 13 September hingga 29 September 2019.

Tentang Texpack

Texpack merupakan band asal Bogor yang dibentuk pada 2014 dengan beranggotakan Afnan Hissan (vokal/gitar), Dimas Oriza (vokal/bass) Alfian Prasetyo (gitar), dan Iqbal Firdaus (drum). Band beraliran indie rock ini memulai debut mini album Courageous EP yang dirilis oleh Tromagnon Records & Hujan Records dalam format kaset pada 2016. Karya lainnya yang telah dirilis adalah Zirah (Single 2018) oleh Hujan Records dan Perfect Buzz & Ocean Breath (Maxi-Single 2019) oleh Dismantled Records.

Tentang Skandal

Skandal merupakan band beraliran alternative pop, indie rock, dan pop rock yang berasal dari Yogyakarta. Personel terdiri atas Yogha Prasiddhamukti (vokalis, tamborin), Rheza Ibrahim (gitaris), Robertus Febrian Valentino (gitaris, vokalis), dan Argha Mahendra (drummer). Skandal mulai dibentuk pada 2011. Sejumlah karya yang telah dirilis adalah Sugar/Skandal demo single (2011), “Superfine” single (2016), Sugar EP (2017), “Racau” single (2019), dan Single Split with Texpack (2019).

Follow Us

Latest News