Ditanggal 6, Bulan Ke-6, Rilis Album Ke-6, Kos Atos Kenalkan ‘Orkes Is Dead’

INSOMNIAEnt.id – Bertepatan dengan tanggal cantik dibulan ini, tanggal 6, bulan 6 (Juni), Kos Atos merilis albumnya yang ke-6 bertajuk ‘Orkes Is Dead’. Seolah ingin menunjukkan mereka masih tetaplah segar dengan semangat melestarikan musik ‘tua’ yaitu Keroncong yang dibawakan dengan jenaka namun mengena ‘ala’ anak muda, Kos Atos menjajal terus kemampuan mereka dalam berproses dan berkarya melalui perilisan Album ke-6 dengan tajuk ‘Orkes Is Dead’, yang akan menghiasi telinga pendengarnya melalui lagu-lagu dengan tema sedih-senang, sekaligus bentuk kritik social terhadap tumbuh kembang music orkes akhir-akhir ini.

Sejak kiprahnya dengan album perdana ‘Luta’ di 2016, Kos Atos hingga kini hampir tak pernah absen menelurkan karya disetiap tahunnya. di 2023 ini, Kos Atos memberi tema ‘Orkes Is Dead’ pada album mereka, sesuai judul, Kos Atos memang membawakan berbagai gaya ‘ngorkes’ pada music yang ada di Album ini.

Berisi 8 lagu dengan style yang mengisi berbagai lini orkes, dari orkes keroncong hingga dangdut, coba dikemas se-liar mungkin ‘ala’ music Kos Atos. Mencoba menerobos ‘trend’ yang tahun-tahun kemarin mulai menggaung membawai orkes dalam berbagai event music berskala Nasional, atau Industri pinggiran hingga urban lewat kanal digital, menurut Kos Atos, mereka mencoba me-refresh komposisi dan lirik pasaran dari wajah music orkes yang ‘kadung’ trend dengan lirik ‘sedih-sedihan’ yang biasa kita dengar hari-hari ini.

“bagiku, Orkes is Dead ini seperti ungkapan NOFX di lagu “Punk Rock Cliché”, dimana kita lihat komposisi musik ‘ngorkes’ dibalut beberapa instrumen ‘keroncong’, hari ini amat sangat membosankan. Lyrical patah hati yg kata per kalimatnya bisa dijumpai di beberapa lagu lain, belum lagi pergerakan ditunjang pergerakan masif pemutar playlist di kafe-kafe yang kebanyakan milih lagu-lagu seperti itu”. Ucap Brily

lewat Album yang diberi tema ‘Orkes Is Dead’. Kos Atos mencoba menunjukkan langkah seriusnya, mengambil tempat untuk kembalinya orkes yang bisa dinikmati sejak dulu kala sebagai respon dan kritik, berharap hadirnya kembali, berdendang penuh suka-cita ‘Ala’ Tani Maju, atau OM PMR yang lebih dulu hadir sebelum ‘ambyar-ambyaran’ itu ada.

“Ambyar harus sedih ya kalo kita dengar lagu-lagu sekarang, Kebanyakan begitu yang kita dengar, ‘cengeng’, kurang atraktif, dan cenderung jauh dari ngorkes yang dekat dan membumi dilapisan masyarakat kelas bawah sampai atas”. Ucap Vigil.

Kos Atos juga ingin menawarkan sebuah obat bagi pendengar music tanah air yang telah terlena pada istilah ‘Pop Jawa’ yang kadung disebut Ambyar, dalam album ini juga Kos Atos sangat bervariatif dari segi materi, mulai dari sedih yang ‘beneran’, sampai bercandanya ‘kebangetan’, track list itu pula dibalut dengan berbagai kemasan ‘ngorkes’ yang latar belakangnya sama-sama bisa kita dengar sebagai pilihan bahwa ‘orkes’ itu nggak gitu-gitu aja.

“Berbendera ‘Orkes’ sebagai ‘folk’nya Pop Indonesia, Kos Atos sebagai band, musisi, ingin menggunakan hak dan kewajiban kami sebagai masyarakat yang sedikit memiliki musikalitas, dalam urusan menikmati atau dinikmati, bersenang-senang, membuat lagu sedih, ‘njoged’ dan ‘ngorkes’”. Tutup Risandy, Bassist Kos Atos

Berkolaborasi dengan berbagai musisi seperti Iksan Skuter dan Ustard Chipeng (Begundal Lowokwaru), Kos Atos masih berdimensi lewat komunitas tanpa kamar, tanpa sekat, genre apa saja, dan dimana saja, Kos Atos tetaplah Kos Atos, dari 7 Kepala personil didalamnya, sejauh ini Kos Atos masih mampu menelurkan pikiran-pikiran merdeka mereka lewat musikalitas tanpa batas, tentu saja, lewat karya di lagu-lagu mereka.

Di Produksi di Creatorikos Studio, Kos Atos masih mengandalkan Eka Catra dan Rio Armand sebagai juru ramu audio yang mereka rekam, dan terakhir, Kos Atos mneyajikan karya mereka dan bisa didengarkan dan dinikmati dalam bentuk Album Fisik dan Digital seperti Spotify, Joox, YouTube Music dan Apple Music.

Track List ‘Orkes Is Dead’ by. Kos Atos

1). Kopi
2). Si Joni
3). Main Gila
4). Pasar
5). Nona
6). Maria
7). Loro
8). Mblenjani Janji.

Audio Credits

Title: Orkes Is Dead
Release: 2023
Lyric & Music by: Kos Atos
Label Record: @creatorikos
Artwork: @damaratirta

Featuring
Vokal: @iksanskuterofficial @ustardchipeng
Backing Vokal:@agnesiakp
Brass Section: @erickryansilalahi @kharismaramadhan_ @rionaldosetiyono @rioarmandayubi
Keyboard & Layer: @fransiscoanggara @barnabas.imanuel
Kendang: @ipul_lipul

Contact Us: Risandy Eka Nugraha | Band Manager
Social Media: @Kos_Atos (Instagram, Twitter)
Website: www.kosatos.com

Follow Us

Latest News