Antartick dan 17 Vokalis Bogor Sampaikan Energi Untuk “Indonesia Kita”  

INSOMNIAEnt.id – Sudah lama rasanya tidak menyimak karya musisi Indonesia yang digarap secara kolektif lintas disiplin musik. Siapa yang masih ingat dengan kolaborasi puluhan musisi yang mendendangkan “Rumah Kita” milik legenda Rock Indonesia, GodBless?

Lagu ciptaan Ian Antono tahun 1988 itu mungkin yang salah satu paling melekat di telinga penikmat musik tanah air ketika didaur ulang bersama Indonesian Voices tahun 2004 silam.

Kemudian lagu dan kolaborasi itu kembali mencuat ketika presenter Najwa Shihab mengajak sejumlah musisi untuk menyanyikan lagu tersebut di tengah pandemi Covid-19 sebagai bentuk kampanye penggalangan dana.

Setelah sekian lama mungkin kita tidak menikmati energi besar dari sebuah kolaborasi antar musisi seperti itu, nampaknya kini akan terobati.

[Baca juga]

Antartick Merilis Single Terbaru Bertajuk “Hujan” Bersama Noh Salleh

Masih diakibatkan dampak Covid-19, Antartick, sebuah kolektif rock asal Bogor, mencetus sebuah karya yang merepresentasikan Indonesia saat ini.

Semangat “Rumah Kita” versi Indonesian Voices tergambar jelas dikarya Antartick yang belakangan diberi nama “Indonesia Kita” ini.

Bedanya, Antartick melibatkan musisi asal kelahiran mereka, Bogor. Meski begitu, energi yang terkumpul dari kolaborasi ini tidak bisa disepelekan. Mengingat Antartick merekrut 17 vokalis dari Bogor dengan latar belakang musik yang berbeda mulai dari pop, rock, folk bahkan punk dan metal.

Tercatat, mereka yang terlibat diproyek ini meliput; Rudi “Blues’ Ariyanto (The B*k*ng), Ipey & Komo (19 Dua Puluh), Rila Utomo (Ambarila), Dewo (Saptarasa), Fiany (Mariposa), Rinjani Reza, Borie (Kraken), Mang Toke (As Known As), Ncung Suryana (The Partikelir), Mang Coim (Oncom Hideung, Deden (Peramu), Ahong (Mery Celeste), Si Koran (Jeans Roek), Nova (HLMN), Robby (My Beloved Enemy) dan Cinya (Airtunes).

Ke-17 musisi yang menyumbang suara di “Indonesia Kita” kemudian diberi nama Bogorian Voices.

“Indonesia Kita” diciptakan sang gitaris Anang. Lagu ini berkisah tentang hal-hal yang terjadi yang ia lihat, dengar dan rasakan dalam masa pandemi global saat sekarang.

Bukan sekadar lagu, “Indonesia Kita” menjadi sebuah pergerakan kecil yang digagas Antartick dan Bogorian Voices untuk menyuarakan kebersamaan dan bangkit dari keterpurukan yang diakibatkan Covid 19.

[Baca juga]

Ketidaksengajaan yang Menyempurnakan

“Saatnya bangkit, kembali berkarya dan menggulirkan roda kehidupan. Karena hidup tidak bisa terus-menerus hanya dengan di rumah saja. Tentunya keselamatan dan kesehatan adalah faktor yang harus diprioritaskan,” tutur Anang dalam keterangan persnya yang diterima InsomniaEnt.id.

Lagu ini menitikberatkan pada poin “Selalu ada hikmah di balik musibah”. Lewat single ini pula, pelantun “Kebas” ini ingin menyampaikan sebuah manifestasi konsep kebhinekaan.

Project ini adalah project yang paling bikin gue baper. Ga nyangka kalau temen-teman yang kita ajak kolaborasi, mau dan seantusias ini dan enjoy dalam melewati proses produksinya, meski harus mematuhi aturan PSBB. Karakter setiap vokalis memberi energi positif tersendiri pada keseluruhan lagu. Semoga energinya bisa sampai ke semua orang yang mendengar lagu ini,” timpa Helvi (bassis) yang juga turut bernyanyi dalam lagu ini.

Dengarkan single Antartick bersama 17 musisi asal Bogor di bawah ini: (Fch).

Follow Us

Latest News