RIC Ke-13 Kembali Tawarkan Pengalaman Festival Tak Terlupakan

INSOMNIAEnt.id – Gelaran festival terbesar di bumi celebes, Rock In Celebes (RIC) akan kembali dilangsungkan pada 10-11 Desember 2022. Ini menjadi perjamuan RIC edisi ke-13 sejak dimulai pada 2010 lalu. Tak heran bila RIC tergolong festival musik yang paling eksis di Indonesia.

Tahun ini, mereka kembali menawarkan pengalaman terbaru dan bisa menjadi paling berkesan dalam menikmati festival musik. Tentunya, pengalaman tahun ini dipastikan berbeda dengan tahun lalu, meski digelaran ke-12, RIC sukses menggelar festival di 10 titik ikonik di Kota Makassar selama 10 hari berturut-turut.

Kali ini, kembali bertempat di Ambalat Parkir Utara Trans Studio Mall Makassar selama dua hari, RIC bakal memberi kejutan melalui penampilan perdana di Kota Makassar. Nama-nama seperti Sal Priadi, Yacko (Ft. Iwa K dan Tuan Tigabelas), Teenage Death Star, Bongabonga, Stereo Wall, Perunggu, Aldrian Risjad, Avhath, Dreamer, Amerta, Muztang, dan Devdan dipastikan hadir dengan susunan repertoar spesial!

[Artikel lain]

Banten Creative, Kultur Baru dan Pendobrak Hegemoni Festival Clothing di Kota Serang

Semarak Rock In Celebes 2022 makin terasa dengan tampilnya Isyana Sarasvati, Jamrud, The Panturas, .Feast, Beijing Connection, The Finalist, Maizura, Risingroad, The Routers, Phinisi East Kingdom, Impossible, Frontxside, Fais Palintan, Deadsquad, Culture Project, Rakesh, Soleluna, Bottlesmoker, Feel Koplo, The Manakarra, Begawai, Natinson, The Sugar Spun, Dvy, Kawan Pencerita, serta gerombolan rap OG Avamato, Anikonik, Grill Dg. Lopo, dan D’Elite Crew.

Tak cukup sampai di situ, eksklusif untuk edisi ke-13 tahun RIC, Pentas Sihir; aksi panggung back to back Hindia dan Lomba Sihir pun siap tersaji. Selain itu, yang menjadi highlight dalam perayaan ke-13 tahun ini, RIC menghadirkan kolektif rock kawakan, Boomerang yang bertepatan dengan dengan momentum 30 tahun mereka berkarir.

Line up Rock In Celebes 2022. (Dok. Rock In Celebes Festival)

Tiga panggung, diisi oleh grup musik dan musisi lintas generasi dengan visual yang direspons oleh seniman kenamaan Verisaerisa, Popomangun, Supergunz, dan Uvisual.

Pengalaman terbaru lain yang bakal dihadirkan adalah dengan menjaring talenta-talenta lokal yang potensial dalam program Submission dan RIC Live Audition yang digelar selama enam hari di Makassar (Bothlaim Space, Melos Coffee, Floom Space, Pyur For You, Etika) dan Parepare (Yops Space).

[Artikel lain]

Fogfest, Festival Black Metal Nusantara

Bukan sekadar musik, RIC pun akan merilis film dokumenter dalam format DVD yang menjadi perpanjangan dari buku Rock In Celebes dan 100 Tahun Musik Populer Makassar yang sudah dirilis dalam edisi ke-12 tahun sebelumnya.

Literasi lain yang disajikan RIC yakni RIC Zine, sebuah media dengan format cetak yang kedepannya akan dirilis secara berkala, yang juga terbuka bagi urunan gagasan dan karya tentang musik dan daya kreatif lainnya.

Sementara bagi pemburu merchandise, selain merchandise resmi reguler dan tematik, tahun ini RIC juga merilis merchandise yang berkolaborasi dengan Avhath dan Teenage Death Star! Segera dirilis dalam festival utama, produk eksklusif dengan desain yang diinterpretasi kembali untuk perayaan ke-13 tahun RIC dengan persediaan terbatas.

Jadi, alasan apa untuk tidak “naik haji” ke Rock In Celebes?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL TERBARU

Follow Us

Artikel Terkait